Isi Waktu Luang dengan Ikut Karang Taruna di Rumah Albi

corporate-news | 27 7 2020

News Banner Isi Waktu Luang dengan Ikut Karang Taruna di Rumah Albi

Sebagai generasi muda, memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan sosial bermasyarakat tentu akan sangat bermanfaat. Hal ini lebih baik dari pada membuang banyak waktu berharga dengan melakukan hal yang bersifat sia-sia.

Terlebih, secara psikologis, puas rasanya jika dapat melakukan perbuatan yang positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Karang Taruna Sebagai Kegiatan yang Positif

Berpartisipasi dalam sebuah Karang Taruna dapat menjadi pilihan lain setelah hobi untuk dijalankan sebagai kegiatan bermanfaat di waktu luang. Sebelumnya, Anda mungkin ingin mengetahui apa itu karang taruna?

Karang Taruna adalah organisasi sosial yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela di wilayah desa, kelurahan, atau komunitas adat sederajat. Organisasi ini berfungsi sebagai sarana dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).

Selain itu, Karang Taruna juga kerap kali dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai aktivitas dalam upaya meningkatkan keterampilan, talenta, dan jiwa sosial generasi muda agar Sumber Daya Manusia (SDM) semakin berkembang.

Syarat-Syarat Menjadi Anggota Karang Taruna

Misi utama dari organisasi Karang Taruna secara harfiah adalah mewujudkan kesejahteraan sosial terutama untuk generasi muda. Untuk itu, syarat utama menjadi anggota Karang Taruna haruslah berumur kisaran 17 sampai dengan 45 tahun.

Kriteria lainnya untuk bergabung sebagai karang taruna? Sangat sederhana! Mari simak paparannya berikut ini:

1. Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945

3. Berdomisili di wilayah tingkatannya yang dibuktikan dengan kartu identitas resmi (KTP)

4. Memiliki kondisi jasmani dan rohani yang sehat

5. Bertanggung jawab, berakhlak baik, dan mampu bekerja dengan timnya maupun dengan berbagai pihak

6. Mengetahui dan memahami aspek keorganisasian serta Karang Taruna

7. Peduli terhadap lingkungan masyarakatnya

8. Berpendidikan minimal SMA/sederajat untuk kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota hingga Nasional, minimal SMP/sederajat untuk kepengurusan tingkat kecamatan, dan minimal lulusan SD/sederajat untuk tingkat Desa/Kelurahan atau komunitas sosial sederajat.

Bagi Anda yang sudah sangat memenuhi kriteria, tidak ada salahnya untuk segera mengisi waktu luang Anda dengan bergabung bersama tim Karang Taruna di sekitar tempat Anda tinggal!

Rumah Albi Sebagai Tempat Bersosialisasi

Dalam mendukung kegiatan positif ini, Alfamart secara resmi telah membangun sebuah ruangan serba guna sebagai tempat untuk berkumpul, bersosialiasi, serta berinteraksi yang bernama “Rumah Albi”.

(Baca Juga: Lebih seru dengan olahraga bermusik salah satunya senam aerobik)

Rumah Albi dapat digunakan secara cuma-cuma oleh semua lapisan masyarakat yang membutuhkan ruang untuk menyelenggarakan kegiatan sosial mereka, salah satunya adalah Karang Taruna. Adapun syarat pengajuan yang dibutuhkan sebelum menggunakan Rumah Albi yakni sebagai berikut:

Perwakilan komunitas melakukan konfirmasi dengan datang ke toko menemui pejabat toko

Pejabat toko memberikan Surat Pengajuan Kegiatan Komunitas (SPKK) untuk kepada perwakilan komunitas kemudian selanjutnya perwakilan komunitas meminta persetujuan RT/RW pada SPKK

SPKK yang sudah disetujui RT/RW dikembalikan kepada pejabat toko

Pejabat Toko memeriksa jadwal sesuai dengan SPKK

Pejabat toko melakukan validasi jika OK, maka pejabat toko wajib menginput di e-trans untuk selanjutnya dicetak struk. Jika tidak maka batalkan peminjaman

Setelah itu, Anda tidak perlu lagi repot dan bingung untuk menentukan tempat yang tepat untuk melangsungkan kegiatan, termasuk kegiatan Karang Taruna dan organisasi lain yang keanggotaannya sedang Anda ikuti!